TATA CARA PENDAFTARAN ULANG CALON MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI PADANG YANG DITERIMA MELALUI SELEKSI NASIONAL MASUK POLITEKNIK NEGERI (SNMPN) TAHUN AKADEMIK 2020/2021

Untuk menyikapi Pandemi Covid-19, maka pendaftaran ulang calon mahasiswa baru Politeknik Negeri Padang yang diterima melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) LULUS dan CADANGAN di laksanakan secara online, dengan tatacara dan ketentuan sebagai berikut:
A.PRA-REGISTRASI (lulus dan cadangan)
1. Calon mahasiswa melakukan pra-registrasi secara online pada tanggal 16 sd 30 April 2020 pada laman http://ukt.pnp.ac.id dengan mengisi data dan mengunggah berkas yang diminta (silakan baca petunjuk di laman tersebut).
2. Dokumen yang diunggah: a. Bukti pendaftaran online SNMPN. b. Rapor semester 1 sampai 5 (1 berkas). c. Sertifikat prestasi yang diperoleh (jika ada), sesuai dengan prestasi yang diisi pada saat pendaftaran online SNMPN. d. Surat keterangan penghasilan orang tua/daftar gaji; jika pekerjaan orang tuanya PNS/TNI/ POLRI/BUMN/ BUMD/BUMS dari pimpinan kantor/instansi masing-masing. e. Surat keterangan tidak mampu/surat keterangan penghasilan bagi pekerjaan orang tuanya selain poin d. f. Kartu Keluarga. g. Kartu Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Sehat, Jamkesmas, Jamkesda, BPJS, kartu jaminan sosial lainnya (jika ada). h. Surat Keterangan Penerima Bantuan Raskin, dll. (jika ada). i. Surat Keterangan Masih Kuliah bagi kakak/adik (jika ada). j. Bukti pembayaran listrik/PDAM (jika ada). k. Foto rumah tampak depan, ruang tengah, kamar mandi/WC/MCK, dapur dan kamar tidur. l. Pas photo dengan ketentuan: Baju putih polos tidak memakai lambang sekolah, tidak berkacamata, laki-laki berdasi dan bagi wanita yang berjilbab menggunakan jilbab putih, latar belakang foto laki-laki biru dan wanita berlatar merah. (Maks 500 KB) m.Surat Pernyataan Mahasiswa yang diketahui oleh orang tua. Format Surat Pernyataan dapat diunduh di https://www.pnp.ac.id dan http://ppid.pnp.ac.id.
3. Calon mahasiswa yang tidak melakukan registrasi pada tanggal tersebut (poin A) dinyatakan mengundurkan diri.
B. VERIFIKASI/ VALIDASI BERKAS (lulus dan cadangan)
Berkas yang di unggah ke web pra-registrasi Politeknik Negeri Padang akan di verifikasi dan di validasi. Calon mahasiswa akan kehilangan haknya sebagai mahasiswa jika berkas yang di unggah tidak sesuai dengan data online saat mendaftar SNMPN atau berkas yang di kirimkan cacat/ada keganjilan yang tidak bisa di pertanggung jawabkan.
Calon mahasiswa yang lolos verifikasi/validasi akan diumumkan pada tanggal 8 Mei 2020 disertai No. BP/ NIM, besaran UKT dan status KIP Kuliah di https://www.pnp.ac.id, dan untuk dilanjutkan dengan proses pembayaran.

C. PEMBAYARAN UANG KULIAH DAN ASURANSI (lulus)
Calon Mahasiswa yang sudah mendapatkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM/No. BP) sesuai pengumuman hasil verifikasi/validasi berkas dapat melakukan pembayaran uang kuliah (UKT) dan asuransi dengan ketentuan sebagai berikut:
a. Jadwal pembayaran uang kuliah/UKT dan Asuransi Tanggal 10 s/d 15 Mei 2020. Calon mahasiswa di anggap mengundurkan diri jika tidak melakukan pembayaran sampai tanggal 15 Mei 2020.
b. Mahasiswa yang di nyatakan sebagai penerima program KIP Kuliah tidak melakukan pembayaran UKT, hanya melakukan pembayaran uang asuransi.
c. Pembayaran UKT dan Asuransi dapat di lakukan melalui salah satu cara di bawah ini:
*(Mohon Perhatian: Pembayaran UKT dan Asuransi dipisah. Lakukan pembayaran UKT terlebih dahulu, setelah transaksi sukses kemudian lakukan pembayaran asuransi. Jika dilakukan bersamaan atau di gabung, maka transaksi pembayaran tidak di terima sistem, yang berakibat status registrasi gagal).
1) Teller Bank Nagari di Bank Nagari dengan menyebutkan nomor NIM/ No. BP mahasiswa
2) Melalui ATM Bank Nagari dengan mengikuti langkah sebagai berikut: 1. Pembayaran 2. Pendidikan 3. Poltek Negeri Padang 4. Masukkan nomor NIM mahasiswa 5. Jumlah tagihan akan muncul secara otomatis saat transaksi dilakukan
3) Mobile Banking Bank Nagari dengan mengikuti langkah sebagai berikut: 1. Pembayaran 2. Pendidikan 3. Poltek Negeri Padang 4. Masukkan nomor NIM mahasiswa 5. Jumlah tagihan akan muncul secara otomatis saat transaksi dilakukan
4) Transaksi pada Bank Lain (untuk transaksi PNP pada ATM, Mobile Banking, Internet Banking dan SMS Banking Bank Lain) menggunakan fitur Transfer dengan memasukkan nomor rekening Virtual Account Bank Nagari dengan syarat jumlah yang ditransfer harus sama dengan jumlah tagihan. Cara transfer sebagai berikut: 1. Transfer 2. Bank Lain 3. Masukkan Nominal Transfer (pastikan sama dengan jumlah tagihan) 4. Masukkan Nomor Rekening Virtual Account dengan format seperti contoh di bawahi ini: 118990008XXXXXXXXXX Kode Bank Nagari : 118 Kode PNP : 990008 XXXXXXXXXX : NIM Mahasiswa
d. Bukti pembayaran UKT dan Asuransi mohon di simpan.
D. CEK STATUS REGISTRASI / TERDAFTAR Setelah melakukan pembayaran UKT dan asuransi, secara otomatis status calon mahasiswa baru sudah terdaftar. Khusus mahasiswa penerima program KIP kuliah, hanya membayar uang asuransi saja. Pengecekan status terdaftar dilakukan di laman http://sireg.pnp.ac.id (klik sign in kemudian masukan nomor BP/NIM, maka status mahasiswa akan keluar). Jika status nya belum terdaftar, klik detail lihat penyebab belum terdaftarnya. Apabila belum terdaftar setelah melakukan pembayaran, silahkan menghubungi email pmb@pnp.ac.id Jika status sudah terdaftar, mahasiswa melengkapi data diri di web http://siak.pnp.ac.id/. Username adalah No. BP/NIM, password adalah 12345678. Disarankan mengganti password setelah mengisi data (mohon di ingat pasword yang diganti).

E. PENERIMAAN CALON CADANGAN Calon cadangan akan di terima bila ada formasi yang belum terpenuhi dari proses A s.d. C. Penerimaan berdasarkan nomor urut cadangan yang akan di umumkan setelah tanggal 15 Mei 2020. Pembayaran uang kuliah dan asuransi bagi yang lulus cadangan dilaksanakan pada Tanggal 16 s.d. 30 Mei 2020.
F. PENDAFTARAN MAHASISWA JALUR PRESTASI (PEMENANG OLIMPIADE AKUNTANSI) Untuk mahasiswa pemenang olimpiade akuntansi yang diselenggarakan Politeknik Negeri Padang, yang telah mengirimkan sertifikat dan surat pernyataan, prosedur pendaftaran ulang sama dengan calon mahasiswa yang di terima melalui jalur SNMPN.
G.KETENTUAN LAIN Calon yang sudah terdaftar sebagai mahasiswa baru Politeknik Negeri Padang harus membawa rapor asli dan sertifikat asli saat pertama kuliah. Jika rapor, sertifikat dan berkas lainnya tidak sama dengan yang diunggah, maka haknya sebagai mahasiswa baru Politeknik Negeri Padang di batalkan.

Direktur Politeknik Negeri Padang

SURFA YONDRI
NIP. 197006091999031003

Dokumen Terkait : Surat Pernyataan Mahasiswa Baru Tahun 2020