PROFIL POLITEKNIK NEGERI PADANG

PROFIL POLITEKNIK NEGERI PADANG 2020

PROFIL INSTITUSI

1. Sejarah Institusi Politeknik Negeri Padang (PNP) berdiri pada tahun 1985 berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi nomor 80/Dikti/Kep/1985 dengan nama Politeknik Engineering Universitas Andalas. PNP mulai menyelenggarakan pendidikan pada tanggal 5 Oktober 1987. Kampus Politeknik Negeri Padang terdapat di Limau Manis, Kecamatan Pauh, ± 13 Km dari pusat kota Padang. Politeknik Negeri Padang memiliki luas tanah kampus 8.960 m2. Pada awal berdiri PNP mengelola 4 (empat) jurusan yaitu: Diploma III Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Listrik, dan Teknik Telekomunikasi. Dengan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 0313/O/1991, tanggal 06 Juni 1991 ditetapkan menjadi Politeknik Universitas Andalas. Kemudian Pada tahun 2018 dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 89 Tahun 2014 Politeknik Universitas Andalas berubah nama menjadi Politeknik Negeri Padang. Adanya peluang pasar yang besar dalam kelompok keilmuan sosial dan teknologi berkembang beberapa jurusan dan program studi dilingkungan Politeknik Negeri Padang, yaitu a. Tahun 1997, berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi nomor 190/Dikti/Kep/1997, Politeknik Negeri Padang menambah dua jurusan baru yaitu: Diploma III Administrasi Niaga dan Akuntansi. b. Tahun 2005, berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi nomor 1642/D2.2/2005 berdiri jurusan Diploma III Teknologi Informasi. c. Tahun 2009, berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi nomor 971/D/T/2009 berdiri jurusan Diploma III Bahasa Inggris.

Politeknik Negeri Padang sebagai Pendidikan vokasi yang menyiapkan mahasiswa untuk pekerjaan dengan keahlian terapan tertentu sampai program sarjana terapan (UU Dikti pasal 16 ayat (1)). PNP sampai tahun 2019 telah menyelenggarakan program diploma tiga dan diploma empat (sarjana terapan) yang terdiri dari 7 jurusan dan memiliki 21 program studi terlihat dalam tabel 3 berikut.

Tabel 3. Jurusan dan Program Studi di PNP

No Jurusan
Program Pendidikan
Program Studi
Peringkat Akreditasi 1 Teknik Mesin Diploma Tiga 1. Teknik Mesin B Diploma Tiga 2. Teknik Alat Berat B Sarjana Terapan 3. Teknik Manufaktur B 2 Teknik Elektro Diploma Tiga 4. Teknik Elektronika B Diploma Tiga 5. Teknik Listrik B Diploma Tiga 6. Teknik Telekomunikasi B Sarjana Terapan 7. Teknik Elektronika B Sarjana Terapan 8. Teknik Telekomunikasi B Sarjana Terapan 9. Teknologi Rekayasa Instalasi Listrik Prodi Baru 3 Teknik Sipil Diploma Tiga 10. Teknik Sipil A Sarjana Terapan 11. Manajemen Rekayasa Konstruksi B Sarjana Terapan 12. Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan B Sarjana Terapan 13. Teknik Perencanaan Irigasi dan Rawa B 4 Teknologi Informatika Diploma Tiga 14. Teknik Komputer B Diploma Tiga 15. Manajemen Informatika B Sarjana Terapan 16. Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak Prodi Baru 5 Administrasi Niaga Diploma Tiga 17. Administrasi Bisnis B Diploma Tiga 18. Usaha Perjalanan Wisata B 6 Akuntansi Diploma Tiga 19. Akuntansi B Sarjana Terapan 20. Akuntansi A Magister Terapan 21. Sistim Informasi Akuntansi Prodi Baru 7 Bahasa Inggris Diploma Tiga 22. Bahasa Inggris B

2. Visi, Misi, Tujuan, Strategi, dan Tata Nilai Visi

Pada tahun 2025 menjadi institusi pendidikan vokasional terbaik di Asia Tenggara, bermartabat, dan berwawasan internasional.

Misi

a. menyelenggarakan pendidikan vokasional yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berwawasan internasional; b. menyelenggarakan penelitian yang inovatif dan adaptif untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi; c. menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka memecahkan masalah dan meningkatkan taraf hidup masyarakat; d. menjalin kerja sama yang produktif dan berkelanjutan dengan lembaga pendidikan, pemerintahan, dan dunia usaha ditingkat nasional dan Internasional. e. Untuk menyelenggarakan misi dan mencapai visi PNP, maka dirumuskan tujuan yang harus dicapai PNP sebagai berikut:

Tujuan: a. menghasilkan lulusan yang kompeten, berdaya saing antar bangsa, bermartabat dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; b. menghasilkan penelitian yang bermanfaat dalam pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi, pencapaian hak atas kekayaan intelektual (HKI) dan paten; c. menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat yang berbasis pada teknologi terapan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat; d. terwujudnya kerja sama dengan berbagai pihak, baik dalam maupun luar negeri yang saling menguntungkan

Strategi: Untuk mencapai visi PNP tahun 2025, strategi pengembangan PNP 20120-2024 secara berkelanjutan dikenal dengan Pilar Strategi Pengembangan PNP adalah: a. peningkatan mutu dan perluasan akses pendidikan b. peningkatan kualitas penelitian terapan dan pengabdian kepada masyarakat c. penguatan sistem tata kelola dan organisasi d. peningkatan kapasitas dan produktivitas sumberdaya e. perluasan kerja sama dengan pemangku kepentingan

Tata Nilai: Politeknik Negeri Padang di bangun sebagai lembaga pendidikan vokasional yang profesional dalam pengembangan dan teknologi. Untuk mendukung terlaksananya misi yang telah ditetapkan, perlu ditetapkan tata nilai yang merupakan dasar berpijak, bersikap dan berprilaku sivitas akademika (tenaga akademik dan mahasiswa) serta staf administrasi dalam melaksanakan kegiatannya sehari-hari, yaitu dengan: “Berprilaku sesuai kata dan perbuatan, berprinsip mengutamakan kepuasan pelangan, dan berbenah diri melalui peningkatan berkelanjutan“. Sehingga PNP mendefinisikan ini dalam bentuk moto PNP yaitu “Berakhlak Mulia, Berfikir Akademis, Bertindak Professional”. Ini berarti bahwa tata nilai ditanakan di PNP adalah memiliki akhlak yang baik yang sesuai dengan ajaran agama yang dianut, berfikir secara akademis dan dituangkan dalam bentuk prilaku sehari-hari secara professional.

3. Organisasi dan Tata Kerja Proses penguatan tata kelola, akuntabilitas dan pencitraan publik sangat erat kaitannya dengan upaya menciptakan organisasi yang efisien dan efektif. Semua proses ini dimasukkan kedalam satu kategori tentang penataan sistem yang penanganannya terkait erat dengan pengembangan otonomi, akuntabilitas, dan pencitraan publik perguruan tinggi. Hal ini secara luas dan bertahap dikembangkan dengan pola pengelolaan yang berdasarkan penerapan desentralisasi pendidikan. Lembaga PT yang berkualitas merupakan salah satu pilar kerangka kerja logis pada Kemristekdikti, yang karenanya memperoleh perhatian utama dalam peningkatan mutu pendidikan nasional, khususnya pendidikan tinggi. Karena sebagian besar anggaran PT berasal dari pemerintah dan masyarakat, maka setiap PT wajib untuk mempertanggungjawabkan hasil pengelolaannya kepada pemerintah dan masyarakat sehingga mendapatkan kepercayaan masyarakat yang bermuara pada peningkatan citra publik. Berdasarkan Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Negeri Padang yang telah ditetapkan dengan Permendikbud RI Nomor 7 Tahun 2014, Bagan organisasi dan Tata Kerja digambarkan sebagaimana diperlihatkan pada Gambar 1.2.

Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Negeri Padang

Gambar 1.2 Bagan Organisasi dan Tata kerja PNP

Direktur sebagai Chief Executive, merupakan representatif Politeknik Negeri Padang yang berwenang dan bertanggung jawab penuh dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, membina pendidik dan tenaga kependidikan, mahasiswa serta hubungannya dengan lingkungan. Dalam pelaksanaan tugasnya Direktur dibantu oleh tiga wakil direktur yaitu: 1). Wakil Direktur bidang pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (Wadir I), 2). Wakil Direktur bidang umum dan keuangan (Wadir II), dan Wakil Direktur bidang kemahasiswaan, kerjasama dan alumni (Wadir III). Senat merupakan organ yang menjalankan fungsi penetapan dan pertimbangan pelaksanaan kebijakan akademik di lingkungan Politeknik Negeri Padang bertugas merumuskan peraturan dan kebijakan akademik, norma dan tolok ukur keberhasilan penyelenggaraan akademik, menegakkan norma-norma pelaksanaan kebebasan mimbar akademika, membuat tata tertib pemilihan dan memilih pimpinan Politeknik dan melaksanakan fungsi pengawasan atas pelaksanaan tugas direktur. Senat terdiri dari unsur pimpinan dan perwakilan dosen jurusan. Dewan Penyantun, merupakan organ PNP yang menjalankan fungsi pemberian pertimbangan non-akademik antara lain meliputi organisasi, sumber daya manusia, administrasi, keuangan, kerjasama, hubungan masyarakat, sarana dan prasarana serta perencanaan dan pengembangan; dan membantu pengembangan PNP. Satuan Penjaminan Mutu (SPM), adalah unit khusus yang bertugas merencanakan, mengembangkan sistem mutu dan mengevaluasi pelaksanaan sistem mutu pada setiap unit kerja di lingkungan Politeknik Negeri Padang atas perintah direktur dan melaporkan hasil pekerjaannya kepada Direktur. Satuan Pengawasan Internal (SPI), adalah unit khusus yang bertugas melaksanakan audit (keuangan, tata laksana, sarana-prasarana, sumber daya manusia, substansi, dan kinerja organisasi) terhadap pelaksanaan program dan kegiatan yang telah ditetapkan atas perintah Direktur dan melaporkanya kepada Direktur. Ketua Jurusan sebagai Chief Functionaries dibantu Sekretaris Jurusan bertugas memimpin dosen pada jurusan/program studi dan bertanggung jawab atas pengelolaan pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi pada tingkat jurusan. Ketua jurusan adalah unsur pelaksana pendidikan pada program studi yang bertanggung jawab langsung kepada Direktur dalam pelaksanaan kegiatan proses akademik dan administrasi. Dalam pelaksanaan tugas bidang akademik Ketua Jurusan dibantu Koordinator Program studi, Kepala Laboratorium dan Kepala Bengkel. Kepala bagian dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya berada di bawah koordinasi Wakil Direktur adalah: 1). Bagian Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan dan Sistem Informasi; dan 2). Bagian Umum dan Keuangan. Bagian Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan dan Sistem Informasi, bertugas memberikan layanan bidang akademik, kemahasiswaan, perencanaan kerjasama, alumni dan sistem informasi. Kepala Bagian Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan dan Sistem Informasi (KBAPSI) membawahi Sub Bagian Akademik dan Kemahasiswaan, Sub Bagian Perencanaan dan Sistem Informasi. Untuk meningkatkan pelayanan pada mahasiswa dibentuk Kepala Urusan Kemahasiswaan. Ka. BAPSI bertanggungjawab pada Wakil Direktur I dan Wakil Direktur III.

Bagian Umum dan Keuangan mempunyai tugas melaksanakan urusan ketatausahaan, kerumahtanggaan, barang milik negara, ketatalaksanaan, hubungan masyarakat, kepegawaian, dan keuangan di lingkungan PNP. Kepala Bagian Umum dan Keuangan (KBUK) membawahi Kepala sub bagian Keuangan dan Kepegawaian dan kepala sub bagian Umum. Untuk meningkatkan pelayanan Kasubbag Keuangan dan Kepegawaian dibantu Kepala Urusan Keuangan dan Kepala Urusan Kepegawaian. Dalam Pelksanaan tugas pokok dan fungsi KBUK bertanggung jawab pada Wakil Direktur II. Untuk mengelola tugas khusus, Direktur mendelegasikan kepada Unit Pelaksana Teknis (UPT) dan pusat di bawah koordinasi Wakil Direktur yang terkait. Unit-unit dan pusat itu terdiri dari: Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, bertugas mengkoordinasikan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh unitunit pelaksana akademik di lingkungan Politeknik, serta ikut mengusahakan mengendalikan sumber daya yang diperlukan. UPT Perpustakaan, mempunyai tugas memberikan pelayanan pustaka kepada civitas akademika untuk keperluan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. UPT Perawatan dan Perbaikan, mempunyai tugas melaksanakan pemeliharaan dan perbaikan terhadap sarana penunjang akademik, gedung dan fasilitas di lingkungan Politeknik Negeri Padang. UPT Komputer, mempunyai tugas melaksanakan pengembangan, pengelolaan teknologi informasi, dan komunikasi serta pemberian layanan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. UPT Bahasa, mempunyai tugas melaksanakan pengembangan pembelajaran, peningkatan kemampuan, dan pelayanan uji kemampuan bahasa. UPT Pengembangan, mempunyai tugas mendukung pelaksanaan perencanaan anggaran dan pengembangan sarana dan prasarana akademik, gedung dan fasilitas di lingkungan politeknik. UPT Kerjasama, mempunyai tugas menjalin kerjasama dan kemitraan dengan lembaga terkait dibidang pendidikan dan pelatihan, magang dan praktek industri dan usaha jasa komersial yang saling menguntungkan. Pusat Peningkatan dan Pengembangan Aktifitas Instruksional (PPPAI), mempunyai tugas membantu meningkatkan dan mengembangkan mutu proses pembelajaran secara berkelanjutan dalam rangka menghasilkan lulusan yang berkulitas, berdaya saing dan bermartabat di lingkungan Politeknik Negeri Padang. Untuk memberikan arahan dan petunjuk dalam menjalankan tugas setiap unit Politeknik Negeri Padang mengeluarkan Buku Uraian Jabatan berdasarkan nama-nama jabatan yang telah diatur dalam kepmenristekdikti nomor 187/M/Kp/2016. Buku ini diterbitkan untuk memberikan panduan fungsi dan wewenang masing-masing unit.

4. Mahasiswa dan Lulusan Kebijakan sistem rekrutmen calon mahasiswa baru PNP mencakup: Kebijakan rekrutmen calon mahasiswa baru, kriteria seleksi mahasiswa baru, sistem pengambilan keputusan, dan prosedur penerimaan mahasiswa baru yang diatur dalam POS penerimaan

mahasiswa baru. Sistem rekrutmen mahasiswa baru yang diterapkan pada PNP terdiri dari beberapa sistem yaitu penerimaan melalui SNMPN (Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri), SBMPN (Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri) yang diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia, dan seleksi mandiri. Proses seleksi SNMPN akan menitikberatkan kepada prestasi akademik calon mahasiswa, dan juga mempertimbangkan pemerataan akses pendidikan bagi daerah-daerah pelosok yang ada di Sumatera Barat. SBMPN menitik-beratkan seleksi tertulis dengan computer untuk kemampuan dasar, dan seleksi mandiri berupa ujian dengan computer mengakomodir dan bekerjasama dengan LLDIKTI X dengan beberapa PTS di Sumatera Barat, Riau, dan Jambi. Sistem rekrutmen mahasiswa baru yang telah dilaksanakan ini cukup efektif. Efektivitas implementasi sistem rekrutmen calon mahasiswa baru untuk menghasilkan mahasiswa baru yang bermutu secara umum dapat dilihat dari pemenuhan kriteria seleksi. Pada beberapa program studi terjadi peningkatan jumlah peminat dan peningkatan batas lulus. Begitu juga dengan adanya perluasan jangkauan berdasarkan daerah asal calon mahasiswa baru.Setiap tahun selalu dilakukan evaluasi dan perbaikan mekanisme penerimaan calon mahasiswa baru agar didapatkan prosedur yang betul-betul optimal dalam mendapatkan calon mahasiswa baru yang berkualitas. Selama 5 tahun terakhir, jumlah mahasiswa PNP meningkat dari tahun ke tahun, disebabkan karena tingginya peminat dan dibukanya kelas kerjasama dan penambahan program studi baru. Secara rata rata peningkatan jumlah mahasiswa program sarjana terapan 18,17% per tahun. Berbeda dengan program diploma tiga, jumlah mahasiswa berkurang rata-rata 2,9%. Hal ini disebabkan karena ada kebijakan PNP, ketika membuka program sarjana terapan, maka program diploma tiga dikurangi satu kelas. Hal ini disebabkan karena kurangnya kapasitas kelas yang dimiliki. Namun sejak tahun 2018, PNP telah melakukan perbaikan sarana dan prasarana sehingga ketika penambahan program studi, tidak harus dengan mengurangi kelas diploma tiga. Strategi yang dilakukan adalah dengan memaksimalkan jadwal perkuliahan dengan ketersediaan kelas yang ada dan perkuliahan daring. Tingkat persaingan mahasiswa untuk masuk ke PNP cukup ketat dengan semakin tingginya peminat. Rasio kulitas masukan PNP secara rata selama 5 tahun terakhir adalah sebanyak 1:19 untuk sarjana terapan dan 1:12 untuk diploma tiga. Perbandingan kualitas masukan setiap tahunnya terihat dari gambar 1.

Gambar 1. Tingkat Kualitas Masukan 2014-2018

Dari Gambar 1, terlihat bahwa tingkat kualitas peminat untuk diploma tiga cukup rendah, tetapi mengalami keketatan yang meningkat setiap tahunnya. Sampai 2018 mencapai 1:14. Berbeda dengan program sarjana terapan, tingkat keketatan cukup tinggi dibandingkan diploma tiga, namun pada tahun 2017 dan 2018 mengalami penurunan. Hal ini disebabkan karena ada penambahan kelas untuk sarjana terapan, namun pada tahun 2018, terjadi penurunan peminat untuk sarjana terapan. Data lulusan angkatan 2012-2015 telah menamatkan pendidikan pada program sarjana terapan dan diploma tiga. Tingkat kelulusan per angkatan rata-rata barada pada tingkat 86%, namun tingkat kelulusan ini menurun setiap tahunnya seperti terlihat pada gambar 2.

14.37
21.28
22.88
20.20
16.91
8.41
12.65 13.16
14.63 14.28
0.00
5.00
10.00
15.00
20.00
25.00
2014 2015 2016 2017 2018
Tingkat Kualitas Masukan
D4
D3
0.89
0.83
0.88
0.84
0.89 0.89
0.80
0.74
0.76
0.78
0.80
0.82
0.84
0.86
0.88
0.90
0.92
2012 2013 2014 2015 2016
Tingkat Kelulusan Mahasiswa Per Angkatan
D4
D3

Gambar 2. Tingkat Kelulusan Mahasiswa per Angkatan 2012-2016 untuk program Sarjana Terapan dan Diploma Tiga Dari gambar 2 terlihat adanya kecenderungan tingkat kelulusan menurun pada angkatan 2014 ke angkatan 2015 untuk sarjana terapan sebesar 4% dan diploma tiga juga juga menurun tingkat kelulusannya pada angkatan 2015 ke angkatan 2016 sebesar 9%. Hal ini disebabkan karena adanya proses pembimbingan tugas akhir dan pelaksanaan PKL berada dalam semester yang sama. Beberapa prestasi monumental yang dimiliki mahasiswa PNP adalah mampu berkompetisi di tingkat nasional dalam hibah PKM Dikti yang diambil oleh mahasiswa jurusan teknologi informasi yang lulus ke pimnas tahun 2018. Bahkan berbagai kegiatan internasional juga telah mampu dicapai oleh mahasiswa PNP. Untuk mewujudkan visi PNP bersaing di Asia Tenggara, pada tahun 2017, mahasiswa PNP telah mampu bersaing dalam kegiatan akademik pada Festival Debat dan Pidato antar Bangsa Politeknik Malaysia 5.0 di Politeknik Ibrahim Sultan Malaysia dan memperoleh peringkat I. Pada tahun 2018, pada tanggal 4-9 September 2018, dalam kegiatan ICreateECO Competition 2018 di Malaysia, dalam beberapa skema lomba yaitu Coconut Fiber Opening Machine, Street Sweeper, Spesial Tools Drilling Machiner, External electric Generator. Untuk beberapa skema lomba ini, mahasiswa PNP mampu memperoleh peringkat I, II dan III. Kemudian pada tanggal 5-6 November 2018, mahasiswa PNP juga mampu menjadi best paper terbaik pada kegiatan Entitled Esploring Waqf Risk Management: The Case Of Wakaf Daarut Tauhiid Di Malaysia. Beberapa prestasi non akademik juga diperoleh oleh mahasiswa PNP. Pada tanggal 30 September sampai 4 Oktober 2018, mahasiswa mampu meraih peringkat III pada kegiatan Asian Pencak Silat Championship di India pada. Kemudian tanggal 5-10 November 2019, mahasiswa PNP mampu meraih peringkat I dan III pada kegiatan Tournament Pendekar Seabad XI Pencak SIlat Malaya University. Kinerja lulusan PNP mampu bersaing di perusaaan nasional seperti PLN, Bank BUMN dan di istansi pemerintah seperti di sekretaris negara, di beberapa kementerian dan BPK, serta beberapa lulusan juga melakukan wirausaha baik lokal dan nasional.

5. Dosen dan Tenaga Kependidikan Mewujudkan visi misi PNP, membutuhkan sejumlah dosen dan tenaga kependidikan yang mendukung tridarma perguruan tinggi. Sampai tahun 2019, jumlah dosen PNP berjumlah 300 orang yang tersebar di tujuh jurusan. Kualifikasi dosen berdasarkan pendidikan tertinggi terlihat dalam gambar 3.

Gambar 4. Kualifikasi Dosen

Secara persentase dosen yang telah bergelar doktor sebanyak 8,7%. Kedepan jumlah ini akan meningkat seiring dengan sejumlah dosen yang telah mengikuti pendidikan doktoral. Disamping itu, ada beberapa dosen PNP yang juga telah memiliki sertifikat kompetensi. Hal ini sangat mendukung pendidikan vokasi.

6. Keuangan, Sarana, dan Prasarana

7. Sistem Penjaminan Mutu Sistem Penjaminan mutu telah digagas oleh PNP pada tahun 2003 yang berawal dari dibentuknya tim monitoring dan evaluasi (monev). Fungsi tim ini adalah memonitor kegiatan hibah yang diperoleh PNP. Pada tahun 2008, ada kebijakan pimpinan untuk menjalankan sistem pengelolaan manajemen mutu. Hal ini direalisasikan melalui kerjasama dengan SAI Global sehingga terbentuk Satuan Penjaminan Mutu (SPM). Pada tahun 2009 PNP berhasil mendapatkan sertifikat ISO 9001 versi 2008 bidang manajemen mutu. Ditetapkannya UU No 12 tahun 2012 tentang Pendidikan tinggi, menyatakan bahwa dalam rangka mewujudkan pendidikan tinggi yang bermutu, diperlukan kegiatan sistemik untuk meningkatkan mutu perguruan tinggi secara berencana dan berkelanjutan. Peningkatan mutu perguruan tinggi diatur dalam Permenristekdikti No. 62 tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi, menyatakan bahwa perguruan tinggi membentuk unit penjaminan mutu atau mengintegrasikan SPMI pada manajemen perguruan tinggi. Berdasarkan hal ini, maka PNP melaksanakan sistem penjaminan mutu internal yang melekat pada Satuan Penjaminan Mutu (SPM). Pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dilegalkan kembali dalam bentuk Peraturan Direktur Politeknik Negeri Padang Nomor: 0174/PL9/KP/2018.

Satuan Penjaminan Mutu (SPM) PNP berkedudukan di tingkat PT mempunyai tugas melaksanakan urusan penjaminan mutu pendidikan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di PNP. Tugas pokok penjaminan mutu adalah (a) merumuskan standar mutu berdasarkan visi-misi (b) melaksanakan standar yang ditetapkan (c) melaksanakan monitoring untuk menemukan kendala dan hambatan pelaksanaan program (d) melaksanakan evaluasi diri untuk menemu-kenali kondisi objektif (kekuatan dan kelemahan) diri (e) melaksanakan audit internal untuk mengetahui pencapaian standar dan (f) merumuskan langkah perbaikan dan atau merumuskan standar baru dalam rangka peningkatan mutu secara berkelanjutan. Pelaksanaan sistem penjaminan mutu internal (SPMI) di PNP mengacu pada permenristekdikti nomor 62 tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Internal. PNP telah memiliki dokumen SPMI berupa kebijakan SPMI, standar SPMI, manual SPMI dan formulir. Dokumen SPMI dirujuk untuk menjalankan SPMI di PNP. Proses SPMI berupa PPEPP (penetapan standar, pelaksanaan standar, evaluasi pelaksanaan standar, pengendalian standar dan peningkatan standar) telah dilaksanakan di PNP. Proses penetapan standar dilakukan pada tingkat PNP dan pada tingkat Jurusan. Saat ini PNP telah memiliki 27 standar yang terdiri dari 24 standar minimal berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi yaitu 8 standar pendidikan, 8 standar penelitian dan 8 standar pengabdian masyarakat dan 3 standar pelampauan yaitu standar identitas, standar kemahasiswaan dan standar kerjasama. Standar ini kemudian diturunkan pada tingkat jurusan. Setiap jurusan dapat menambahkan standar sesuai dengan capaian kinerja yang ingin dicapai dan tidak boleh menguangi standar yang telah ditetapkan di level PNP. Proses pelaksanaan standar dilaksanakan oleh semua unit, bagian, pusat, satuan dan jurusan di lingkungan PNP. Pelaksaaan standar didukung oleh adanya dokumen bukti kegiatan yang diarsipkan secara baik. Proses evaluasi dilakukan dalam bentuk monitoring oleh atasan langsung dan audit internal dilakukan oleh unit SPM yang melibatkan tim audit mutu PNP. Saat ini tim audit mutu di tetapkan oleh Direktur PNP adalah tim SPM, dan dosen yang telah lulus mengikuti lokakarya audit mutu yang dilaksanakan oleh kemenristekdikti serta tim auditor internal yang telah mengikuti pelatihan Audit internal versi ISO 9001:2008. Pelaporan hasil monitoring diberikan kepada Direktur dalam kegiatan rapat koordinasi. Sedangkan laporan audit mutu internal yang difasilitasi oleh unit SPM, pelaporan hasil audit diberikan kepada Direktur untuk ditindaklanjuti. Pengendalian standar dilakukan melalui rapat koordinasi pimpinan PNP pada level jurusan dan PNP. Hasil audit mutu internal dibahas dalam rapat ini dan dokumen perbaikan dikendalikan di unit SPM. Proses peningkatan standar telah dilaksanakan oleh setiap unit, bagian, pusat, satuan dan jurusan. Peningkatan ini secara formal dilegalkan dalam usulan kegiatan untuk tahun mendatang.

Profil Jurusan dan Program Studi

A. Jurusan Teknik Mesin Menghasilkan tenaga kerja yang profesional dalam bidang permesinan dan tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi permesinan khususnya dalam bidang perawatan & perbaikan mesin dan mesin produksi. 1. Program Studi D.3 Teknik (Akreditasi B) a. Konsentrasi Teknik Pemeliharaan (Maintenance) Menitik beratkan pada pembentukan tenaga ahli/terampil dalam sistem perencanaan kegiatan perawatan, perbaikan, program kerja perawatan, instalasi pabrik, merancang mesin-mesin sederhana, mengoperasikan mesin konvensional dan otomatis. Menitik beratkan dalam bidang teknik menggambarkan elemen mesin dengan menggunakan komputer, mengatur kegiatan produksi, melaksanakan program kerja produksi serta mampu mengoperasikan mesin konvensional dan otomatis. Fasilitas Pendukung : . Labor Komputer . Labor CNC . Labor Pneumatik Hidrolik . Labor Maintenance . Labor Produksi . Labor Pengujian Bahan & Metrologi . Labor Mekanika Fluida & Hidrolika . Bengkel las . Bengkel bubut . Bengkel miling . Bengkel grinding/gerinda . Bengkel sheet Metal b. Konsentrasi teknik Produksi Menitik beratkan dalam bidang teknik mengambarkan elemen mesin dengan mengunakan komputer, mengatur kegiatan produksi, melaksanakan program kerja produksi serta mampu mengoperasikan mesin konversional 2. Program Studi D.3 Teknik Teknik Alat Berat (Akreditasi B) Menitik beratkan pada pembentukan tenaga ahli/terampil yang memiliki dasar-dasar ilmu

keteknikan dan alat berat serta mampu bekerja dengan menggunakan workshop tools dan workshop equipment dengan benar dan aman sesuai dengan service literature. Mampu mengindentifikasi komponen-komponen alat berat yang meliputi engine, sistem hidroulik, sistem elektrik, power train dan under carriage. Mampu melakukan pengetesan dan penyetelan pada komponen-komponen alat berat serta memiliki kemampuan dasar dalam troubleshooting. Program studi Teknik Alat Berat ini merupakan kerjasama antara Politeknik Negeri Padang dengan PT.Trakindo Utama dan satu-satunya di Sumatera. Tujuan utamanya adalah untuk memenuhi kebutuhan kekurangan tenaga ahli Teknik Alat Berat di Indonesia, khususnya di Sumatera. Fasilitas Pendukung : . Excavator . Buldozer . Laboratorium Pengujian Bahan . Workshop Produksi . Workshop Perawatan & Perbaikan . Laboratorium CNC . Laboratorium Komputer . Studio Gambar dan Perancangan . Laboratorium Refrigerasi & Pengkondisian Udara 1. Program Studi D4 Teknik Manufaktur (Akreditasi B) Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan profesional di bidang teknik manufaktur yang kompetitif di pasar kerja, baik regional, nasional maupun internasional dalam menciptakan daya manusia di bidang manufaktur yang berkualitas dan tanggap terhadap perubahan dan perkembangan pasar dan industri. Fasilitas Pendukung : . Labor Produksi . Labor Maintenance . Labor Komputer . Labor Pengujian Bahan dan Metrologi . Labor Fluida dan Hidrolika . Bengkel Grinding/Gerinda . Bengkel Milling

B. Jurusan Teknik Sipil

Menciptakan tenaga kerja profesional dalam bidang Teknik Sipil, yang sanggup melaksanakan pembangunan proyek-proyek teknik Sipil di lapangan, berkonsentrasi pada konstruksi bangunan gedung dan Konstruksi Bangunan Sipil. 1.Program Studi D3 Teknik Sipil (Akreditasi A) a. Konsentrasi Konstruksi Sipil Memusatkan keahlian pada pekerjaan sipil dalam segala kaitannya dengan masalah perencanaan struktur, pelaksanaan dan pengawasan bangunan gedung. Memusatkan keahlian pada pekerjaan sipil dalam segala kaitanya dengan masalah perencanaan, pembangunan, perlengkapan, perawatan dan perbaikan bangunan sipil non gedung seperti jalan raya, jembatan, dll. b. Konsentrasi Konstruksi Bangunan Gedung Memusatkan keahlian pada pekerjaan sipil dalam segala kaitannya dengan masalah perencanaan, pembangunan, perlengkapan, bangunan Politeknik Universitas Andalad Fasilitas Pendukung : • Labor Material • Labor Hidrolika • Labor Mekanika Tanah • Labor Struktur • Labor Ilmu Ukur Tanah • Labor komputer • Bengkel Kayu • Bengkel Baja • Bengkel Plumbing • Bengkel Beton • Bengkel Tepat guna • Bengkel Acuan Perancah • Bengkel Drainage • Bengkel Batu 2. Program Studi D4 Teknik Perencanaan Irigasi dan Rawa (Akreditasi B) Merupakan program lanjutan dari lulusan Diploma III dari program studi Teknik Sipil dan D.III yang Relevan. Program studi ini menghasilkan lulusan yang terampil dan handal dalam bidang perencanaan dan pelaksanaan bangunan irigasi dan rawa.

Fasilitas Pendukung : • Labor Material • Labor Hidrolika • Labor Mekanika Tanah • Labor Struktur • Labor Ilmu Ukur Tanah • Labor komputer • Bengkel Tepat guna • Bengkel Acuan Perancah • Bengkel Rainange 3. Program Studi D4 Manajemen Rekayasa Konstruksi (Akreditasi B) Menghasilkan tenaga profesional di bidang manajerial khususnya pada proyek konstruksi dan mampu menyusun tahapan-tahapan perwujudan proyek konstruksi, yang dimulai dari tahap penyusunan ide, studi kelayakan, perencanaan/perancangan, hingga tahap pelaksanaan (termasuk pengawasan pelaksanaannya) serta penggunaan dari suatu proyek konstruksi. Melahirkan tenaga manajemen rekayasa konstruksi yang profesional, yang mampu mengidentifikasi, menganalisis, pengawasan, dan pengendalian terhadap risiko dari suatu pengambilan keputusan pada proyek konstruksi serta melahirkan tenaga manajemen rekayasa konstruksi yang mampu melakukan pengawasan dan pengendalian serta memberikan jaminan mutu (Quality Assurance) terhadap mutu pekerjaan suatu proyek konstruksi. Fasilitas Pendukung : • Labor Material • Labor Hidrolika • Labor Mekanika Tanah • Labor Stuktur • Labor Ilmu Ukur Tanah • Labor Komputer • Bengkel Tepat Guna • Bengkel Beton • Bengkel Drainage • Bengkel Batu 4. Program D4 Perancangan Jalan dan Jembatan (Akreditasi B) Menghasilkan tenaga kerja profesional di lapangan yang dititik-beratkan pada Perancangan Jalan dan Jembatan. Agar terciptanya tenaga kerja profesional yang mampu merencanakan

serta menghitung anggaran biaya proyek-proyek dalam skala besar sekaligus menganalisis dan memilih material yang baik untuk bangunan jalan dan jembatan yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja. Serta menciptakan atmosfir penelitian yang berkaitan dengan studi kasus dalam bidang kegagalan dan kerusakan konstruksi jalan dan jembatan guna pengembangan ilmu Fasilitas Pendukung : • Labor Material • Labor Hidrolika • Labor Mekanika Tanah • Labor Stuktur • Labor Ilmu Ukur Tanah • Labor Komputer • Bengkel Tepat Guna • Bengkel Beton • Bengkel Drainage • Bengkel Batu

C. Jurusan Teknik Elektro

Menghasilkan tenaga kerja yang profesional dalam bidang teknik elektro yang sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan.
Visi Menjadi lembaga pendidikan vokasional yang unggul dibidang Teknik Ekektro yang mampu bersaing secara nasional dan internasional. Misi 1. Menyelenggarakan pendidikan vokasi dibidang Teknik Elektro untuk menghasilkan lulusan yang bermutu, berakhlak, berjiwa wirausaha dan dapat bersaing diskala nasional dan internasional. 2. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan tekhnologi terapan berbasis kebutuhan industri. 3. Meningkatkan sistem manajemen mutu pendidikan di Jurusan Teknik Elektro. 4. Mengimplementasikan Tridharma Perguruan Tinggi melalui pengembangan ilmu terapan di bidang Teknik Elektro. 5. Berpatisipasi aktif dalam kehidupan masyarakat Sumatera Barat di bidang Teknik Eketro. 1. Program Studi D.3 Teknik Listrik (Akreditasi B) Berorientasi dalam bidang penerapan tentang instalasi penerangan & tenaga, teknologi

pembangkit. Sistem distribusi listrik, perawatan/perbaikan mesin-mesin industri serta perancangan dan pengembangan teknik instrumentasi dan kontrol industri Menghasilkan tenaga kerja yang profesional dalam bidang teknik elektro yang sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan Fasilitas Pendukung . Lab PLC . Lab Listrik Dasar . Labor Elektronika Daya . Lab Rancangan Listrik . Lab Jaringan Tegangan Tinggi . Lab Instrumentasi & Sistem Kendali . Lab Komputer . Bengkel Kerja Mekanik . Bengkel Instalasi Listrik . Labor PLTMH 2. Program Studi D.3 Teknik Elektronika (Akreditasi B) Menitik beratkan dalam bidang elektronika industri, meliputi perancangan rangkaian elektronika industri, menganalisis untuk perbaikan dan perawatan control serta mengaplikasikan komputer dan mikrocontroller untuk industri. Fasilitas Pendukung : . Labor Komputer . Labor Mikroprosesor . Labor Instrumentasi . Labor Sistem Kontrol . Labor Analog & Digital . Labor Elektronika Dasar . Labor M&R Elektronika . Labor PLTMH . Bengkel Mekanik . Bengkel Elektronika Dasar . Labor Elektronika Industri 3. Program Studi D.3 Teknik Telekomunikasi (Akreditasi B) Berorientasi dalam bidang telekomunikasi kawat & radio khusunya merancang sistem komunikasi dengan trasmisi udara (wireless) dan trasmisi kawat (on-wire), membuat prototype,

memasang jaringan telekomunikasi, merawat dan memperbaiki serta mendiagnosis kerusakan peralatan telekomunikasi multimedia. Fasilitas Pendukung : . Labor Atena . Labor Jaringan . Labor Mekanik . Labor Komputer . Labor Mikroprosesor . Labor Pengolahan Sinyal . Labor Dasar Telekomunikasi . Labor Rangkaian Elektronika . Labor Komunikasi Bergerak 4. Program Studi D.4 Teknik Elektronika (Akreditasi B) Menghasilkan lulusan yang menguasi kemampuan dalam melaksanakan pekerjaan membangun sistem elektronika dan instrumentasi di industri, Menguasi kemampuang dalam bidang Maintenance & Ripair , peralatan-peralatan instrumentasi, sistem kendali dan robotika, serta sistem komputer, menguasi kemampuan menerapkan sistem kendalil terprogram pada sistem kontrol di industri dengan optimal, andal, kontinyu dan aman menggunakan PLC, SCDA, sistem jaringan komputer, microcontroller dan DSP. Fasilitas Pendukung : . Labor Elektronika . Labor Digital . Labor Sistem Kendali . Labor Mikroprosesoer dan Mikrokontroller . Labor Sistem Kendali . Labor Otomasi & Robotika . Labor Maintenance & Reppaired . Labor Instrumentasi Industri . Labor Elektronika Industri . Labor VLSI Labor Elektronika Industri 5. Program Studi D.4 Teknik Telekomunikasi (Akreditasi B) Menghasilkan lulusan yang berkarakter dan mampu berkompetisi ditingkat nasional yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi terapan dibidang telekomunikasi sesuai kebutuhan industri.

Fasilitas Pendukung : . Labor Atena . Labor Jaringan . Labor Mekanik . Labor Komputer . Labor Mikroprosesor . Labor Pengolahan Sinyal . Labor Dasar Telekomunikasi . Labor Rangkaian Elektronika . Labor Komunikasi Bergerak

D. Jurusan Akuntansi Jurusan Akuntansi memiliki Program Studi DIV Akuntansi Perpajakan dan D3 Akuntansi 1. Program Studi D.3 Akuntansi (Akreditasi B) Menciptakan lulusan yang mampu dan terampil dalam bidang seperti: Asistant Accounting, Financial Computer System, Internal Auditor, Asistant Auditor, Asistant Analisis System, menghitung dan membuat laporan pajak 2. Program Studi D.4 Akuntansi (Akreditasi A) Menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian dan wawasan dibidang akuntansi, audit, pajak dan keuangan secara integrasi dan komprehensif yang bisa diterapkan pada perusahaan swasta, instansi pemerintah maupun lembaga keuangan baik berskala nasional maupun internasional. Fasilitas Pendukung Jurusan Akuntansi : • Labor Komputer Akuntasi • Labor Praktek Akuntansi • Labor Praktek Kerja Anggaran Manufaktur • Labor Praktek Akuntansi Pemeriksaan • Labor Anggaran • Labor Sistem Informasi Akuntansi • Labor Anggaran Bank Mini

E. Jurusan Administrasi Niaga Jurusan Administrasi Niaga memiliki Program Studi D3 Administrasi Bisnis dan D3 Usaha Perjalanan Wisata

1. Program Studi D.3 Administrasi Bisnis (Akreditasi B) Menghasilkan tenaga Ahli Madya profesional dalam bidang kesekretariatan dan administrasi perkantoran sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri yang berkeahlian tinggi dalam menagani operasi perkantoran dan berwawasan konseptual yang baik untuk mengembangkan sistem perkantoran bisnis secara menyeluruh. Fasilitas Pendukung : • Labor Perkantoran • Labor Pengetikan Manual • Labor Pengetikan Elektric • Labor Simulasi Bisnis • Labor Komputer 2. Program Studi D.3 Usaha Perjalanan Wisata (Akreditasi B) Menghasilkan lulusan yang dalam merancang tour, baik inbound maupun outbond, melakukan reservasi dan dokumentasi tour, melakukan pemanduan (guiding) wisata. Fasilitas Pendukung : • Labor Ticketing • Labor Simulasi Bisnis • Labor Komputer • Labor Bahasa • Labor Pengetikan • Labor Internet • Bus Pariwisata

F. Jurusan Teknologi Informasi Menghasilkan tenaga professional tingkat ahli madya di bidang Teknologi Informasi, khususnya pengelolaan informasi berbasis komputer sehingga mampu bekerja di berbagai instansi, perkantoran organisasi dan bisnis modern. 1. Program Studi Teknik Komputer D3 (Akreditasi B) Memiliki kemampuan membangun jaringan komputer internet dan intranet. Mampu memilih model dan infra struktur jaringan untuk berbagai keperluan yang berbeda. Mampu melakukan perawatan, perbaikan sistem jaringan komputer. Mampu menjadi administrator dan programmer. Fasilitas Pendukung : • Lab. Komputer

• Lab. Jaringan (Cisco) • Bengkel Komputer • Lab. Basis Data •Lab. Digital 2. Program Studi Manajemen Informatika D3 (Akreditasi B) Memiliki kemampuan membuat aplikasi jaringan komputer internet dan intranet dan mengelola sistem informasi berbasis LAN (Local Area Network) dan Internet untuk berbagai organisasi perkantoran dan bisnis. Menguasai berbagai program aplikasi (programmer) Fasilitas Pendukung : • Lab. Pemrograman • Lab. Komputer • Lab. Jaringan (Cisco) • Lab. Basis Data • Lab. Digital • Lab. Pemrograman 3. Program Studi D4 Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak ( Proses Akreditasi ) Memiliki kemampuan membangun jaringan komputer internet dan intranet dan membuat aplikasi dan mengelola sistem informasi berbasis LAN (Local Area Network) dan Internet untuk berbagai organisasi perkantoran dan bisnis. Menguasai berbagai program aplikasi (programmer) Fasilitas Pendukung : • Lab. Pemograman • Lab. Komputer • Lab. Jaringan (Cisco) • Lab. Basis Data • Lab. Digital • Lab. Pemrograman

G. Jurusan Bahasa Inggris Sebagai Jurusan Baru, Jurusan Bahasa Inggris memiliki Program Studi D3 Bahasa Inggris 1. Program Studi D.3 Bahasa Inggris ( Akreditasi B) Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan berfikir kritis, analitis dan memiliki rasa kepercayaan diri yang tinggi dan keterampilan berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan baik secara lisan dan tulisan untuk memenuhi kepentingan dunia usaha dan dunia industri,

konsep, teknik dan keterampilan penerjemahan dari bahasa inggris ke bahasa indonesia dan sebaliknya,l serta keterampilan berbahasa inggris lisan dan tulisan dalm bidang komunikasi ( MC, Host, Spokesperson, News Reader, Reporter, Journalist,etc). Bidang Kerja : (Public Relation, Secretary, Receptionist, IT Operator, Telephone Operator, Tour Guide, Interpreter/ Translator, Customer Service, Travel Agent, Englisjh Course Owner and Instructor, MC, News Reader, Reporter, Journalist, Columnist, Host, Language Editor, Copy Writer, Movie Translator) Fasilitas Pendukung : • Computer and Multimedia based English • Language Laboratory • Computer and Multimedia based English Teaching • English Club with Native Speakers • Self Acces Center • Library / Resources Centre • Free Internet Acces (Hot Spot Areas) • Studens Activity Centre